Internet Indihome Loss

Modem IndiHome LOS merah. Biasanya ditandai dengan warna lampu IndiHome yang berkedip-kedip, dan internet modem mengalami stuck (loading terus-menerus).

Ada beberapa ciri yang mengindikasikan bahwa modem sedang mengalami LOS. Tanda ini langsung dibuat dari perangkat modemnya itu sendiri.

Di antaranya, yaitu:

    Lampu Berkedip (utamanya ini). Lampu IndiHome berkedip terus-menerus ketika sedang aktif.
    Warna Lampu Merah. Ketika normal, harusnya warna lampu modem berwarna hijau. Ketika LOS, maka warnanya berubah merah.
    Internet Tidak Tersambung. Muncul pesan no internet di perangkat yang dipakai. Waktu browsing juga tidak ada respon sama sekali.
    Beberapa Fitur Modem Tidak Aktif. Ini kadang terjadi.

Apa penyebab IndiHome LOS merah? Macam-macam. Tapi berdasarkan pengalaman saya, IndiHome LOS ini bisa terjadi akibat tiga penyebab berikut:

    Pengaturan modem salah.
    Koneksi kabel yang bermasalah.
    Memang lagi ada trouble.

 

#1. Pengaturan Modem Salah

Misalnya, Anda setting modem nih, kemudian ada beberapa kesalahan pengaturan, maka hal ini bisa cukup berpengaruh.

#2. Kabel Bermasalah

Kemudian kalau yang dimaksud dengan kabel bermasalah, adalah sambungan kabelnya itu sendiri. Bisa jadi dari modemnya, atau dari ke tiang provider.

#3. Trouble Dari IndiHome

Sedangkan trouble, maksudnya gangguan. Bisa jadi dari masalah cuaca dan faktor-faktor lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya saya membuat analisa terlebih dahulu, kemudian memprioritas kemungkinan-kemungkinan perbaikan yang bisa dilakukan sendiri.

Nah, akan saya bahas di sini. Coba Anda ikuti satu-satu, jika memang sedang mengalami masalah IndiHome yang LOS seperti ini:

1. Cek Posisi Kabel

Solusi pertama, coba cek posisi kabel dulu. Pengaturan kabel IndiHome ini harusnya sudah diatur sedemikian rupa dan sebaik mungkin oleh pihak teknisi.

Akan tetapi, bisa saja beberapa waktu setelah pemasangan, posisi kabel tersebut banyak berubah. Misalnya jadi longgar.

Selain itu, faktor internal juga bisa berpengaruh. Contohnya koneksi kabel modem tidak berfungsi dengan baik, maka dampaknya bakal cukup terasa.

Cara mengatasinya:

    Coba cek posisi kabel optik. Rapikan kabelnya dan jangan sampai ada yang tertekuk.
    Pastikan konektor masih dalam keadaan bagus.
    Coba sambungkan ulang kabel. Pastikan kencang sambungannya ya.
    Kalau sudah, silakan tes kembali modem

Untuk posisi kabel di sini Anda bisa cek pada bagian notifikasi lampu. Kalau posisi kabel sudah benar, warna lampu akan berubah jadi hijau.

 
2. Matikan dan Nyalakan Kembali Modem

Mengaktifkan ulang modem ditujukan untuk menghilangkan semua aktivitas fitur program yang berjalan pada modem IndiHome.

Dengan begitu, memulai ulang (restart) modem ini diyakini bisa membantu dalam memperbaiki kondisi LOS ini.

Caranya, ikuti langkah-langkah berikut:

    Cek pada bagian belakang modem.
    Terdapat tombol On/Off berwarna merah di sana.
    Tekan tombolnya satu kali.
    Tunggu sampai modem mati.
    Lalu tekan tombolnya lagi.

Atau pakai cara ini:

    Tekan tombol On/Off di modem.
    Tunggu sampai modem mati.
    Lepas kabel power.
    Pasang kembali kabel power dan nyalakan modem.

Kalau sudah, coba tunggu beberapa saat, maka nanti akan muncul lampu indikator berwarna hijau yang berkedip.
3. Kembalikan Modem ke Pengaturan Default

Selanjutnya, Anda bisa juga coba setting modemnya ke pengaturan default.

Dengan mengembalikan pengaturan modem ke default lagi, diharapkan pengaturan-pengaturan yang error tadi bisa normal kembali seperti sedia kala.

Untuk caranya sangat mudah.

Melalui Lubang Reset di Modem

    Silakan cek modem
    Cari lubang kecil dengan tulisan reset
    Masukkan ejector SIM Card HP ke lubang tersebut
    Maka modem akan direset

    Jika tersebut tidak bisa mengatasi gangguan LOSS, silahkan submit tiket kepada kami untuk penanganan lebih lanut ke pihak TELKOM

Rincian Artikel

ID Artikel:
1
Penilaian :

Artikel terkait